Katanya Sih Mastah Pernah Newbie :v

Yahalo Guys, Memang nyatanya sudah berminggu-minggu AdeHaze jarang update. Yah, wajarin saja ya, Soalnya banyak kerjaan yang harus saya di urus. Tapi biarpun begitu, Saya sendiri tidak akan lupa akan blog AdeHaze ini. Yah, biarpun updatenya seret-seret.

AdeHaze - Katanya Sih Mastah Pernah Newbie :v

Mastah Pernah Newbie – Motivasi Proses

Mastah Juga Pernah Newbie Hehehehe, tapi disini yang mastah siapa ya? saya sendiri aja gak ngerasa mastah. Karena benyakan semua skill yang saya punya kebanyakan Rata+, alias rata-rata banget. Setidaknya cukup tahu akan dasar dan pembuatannya. Tapi, biarpun begitu, saya juga punya skill yang istilahnya sudah cukup lama bergelut didalamnya. Yah, apa itu. Hmmm, Sebenarnya cukup simpel. Skill yang paling saya kuasai hanyalah Teamwork. Kalo untuk soal Teamwork, saya sendiri cukup bisa di andalkan hehehe. Dan saya memang sedikit kewalahan jika harus mengerjakan sesuatu sendirian. Yah, lagipula kerja berkelompok lebih enak daripada harus solo.

Seperti AdeHaze sendiri. Memang sih, pada dasarnya untuk urusan blogging, penulisan konten tentang video saya sendiri yang melakukannya. Tapi jika untuk masalah design tampilan seperti kode html, css, xml dan lainnya itu milik Team Alexan. Memang sih, pada dasarnya saya gak beli nih template, dan juga asal comot aja secara gratis. Toh, ini templatenya menarik dan cukup untuk tampilan blog saya yang tidak rame-rame banget.

Nah, sebenarnya disini yang mastah tuh siapa ya? Kalo menurut saya sendiri sih, Kalian semua pembaca juga merupakan Mastah pada bidangnya masing-masing. Pasti kan, kalian punya kemampuan yang kalian benar-benar menguasai dalam bidangnya.

Ya elah Kok kenapa AdeHaze yang biasanya ngasih tutorial tentang video berubah jadi ajang curhat begini.

Lah, suka-suka saya juga kan. :Lagi pula masih banyak orang-orang yang juga berbagi tutorial tentang editing video. Yah, mungkin memang kebanyakan bahasa Inggris. Tapi dengan begitu kan kita juga belajar banyak tentang Bahasa Inggris. Bisa buka google terjemah. Buat menerjemahin kata yang kita tidak tahu.

Mastah Pernah Newbie – Nyatanya Memang Begitu

Yah, disinilah uniknya suatu proses. Sang Master atau Mastah juga pasti pernah mengalami fase ketidaktahuna menjadi tahu. Dan inilah salah satu yang saya suka dalam proses kehidupan. Pemula yang belum mengetahui apa-apa belajar untuk memperdalam apa yang ingin dia kuasai.

Kalo untuk proses menjadi mastah sih, banyak caranya. Jika kalian googling tentu banyak kata-kata motivasi seperti “From Zero To Hero” dll. Sudah cukuplah untuk menulis tentang psikologi dan motivasi. Lagipula, yang menentukan Mastah atau tidaknya kalian kan bukan saya. Tapi saya juga bisa ikut andil dalam mengatakan Seberapa Mastahkah diri kalian. Cukup menonjolkan apa yang kalian bisa serta jago dalam bidang kalian masing-masing, tentu bisa juga disebut Mastah atau master.

Siapa sih yang gak mau jadi Mastah dan lepas dari kata Newbie? saya sendiri ingin menguasai sepenuhnya tentang editing video. Makanya saya banyak belajar. Yah memang sih, saya masih jauh untuk disebut mastah. karena pada dasarnya saya masih belajar dan suka cari-cari tutorial sana-sini.

Pernahkan Kalian Berfikir Bahwa Mastah Pernah Newbie Juga?

Yah, setiap orang juga kan mengalami suatu proses. Nah, mungkin saya mau sedikit berbagi tentnag proses yang mungkin bisa membantu kalian untuk menjadi Mastah dan lepas dari kata Newbie.

Sebernya caranya amat sangat simpel, tapi kalian harus menekuninya agar bisa benar-benar menjadi Mastah yang baik. Mungkin, jika kalian punya waktu, beberapa tips dibawah mungkin bisa membantu kalian agar sedikit termotivasi dan menekuni apa yang kalian inginkan.

Mastah Seharusnya Menekuni Bidang Yang Dikehendaki

Nah, Mastah yang pernah Newbie tentu harus yakin dengan bidang yang dikehendakinya, untuk meyakinkan diri dalam memilih bidang, menurut saya yang terpenting sih kalian menyukai bidangnya. Mungkin seperti Hobi. Jika kalian sudah menyukai sesuatu, tentu ada rasa agar bisa jago didalamnya kan? Nah, inilah proses paling awal agar bisa menjadi Mastah. Saya sendiri juga amat menyukai Editing Video, makanya saya menekuninya dan belajar agar bisa menjadi lebih baik lagi. Lagi pula, proses itu menyenangkan kan? disitu kita bisa merasakan perjuangan yang akan berbuahkan hasil.

Mastah Yang Pernah Newbie Juga Pasti Bersosialisasi.

Hellooooo, Lu gak idup sendiri bro. Masih banyak orang-orang diluar sana yang mastah tapi suka bersosial. Ini penting menurut saya. Lah, kalo misalnya tidak ada seorangpun yang mengetahui kemampuan kalian, bagaimana bisa kalian disebut Mastah?

Mastah Yang Pernah Newbie Pastinya Menjadi Yang Terbaik Dalam Bidangnya.

Nah, Ini nih. poin ini akan menjadi sangat sulit jika kalian tidak berusaha untuk tampil menjadi yang terbaik dalam bidang yang kalian geluti. Sebenarnya sih tidak usah terlalu terobsesi menjadi yang terbaik. Tapi terus berusaha agar selalu menampilkan yang terbaik. Yang terbaik disini maksudnya, sebaik mungkin dan setekun mungkin dalam berkarya, sepenuh hati.

Biasanya Sih Mastah Yang Pernah Newbie Suka Berbagi Cerita Dan Pengalamannya

Seperti kebanyakan orang, tentu orang-orang sukses suka berbagi cerita dan pengalamannya tentnag proses bagaimana dia menjadi seorang mastah dalam bidangnya. Ini wajar, dan ini juga bisa membuat orang-orang yang mendengarkan cerita dan pengalaman kalian termotivasi dan bisa membuat orang-orang semangat.

Mastah Yang Baik Seharusnya Sih Suka Merespon Pertanyaan.

Lah, kalo misalnya ada yang nanya tapi kalian diam saja, bagaiman orang-orang tahu kalau kalian mastah? Bukankah sudah lazim ya, kecerdasan seseorang di ukur dalam bagaimana dia bertanya dan bagaimana dia merespon pertanyaan.

Mastah Sebaiknya Fokus

Yah, Lebih baik sih. Jadi orang-orang benar-benar mengetahui bidang yang benar-benar kalian kuasai. Memang sih, kemampuan seseorang pasti gak cuma satu, tapi banyak.Saya juga yakin kalo kalian punya banyak bidang yang kalian kuasai dan benar-benar jago didalamnya. Tapi, jika seperti itu terus, rasanya kalian tidak punya cirikhas khusus tentang Mastah seperti apakah kalian?

Menurut saya sih sah-sah saja jika kalian disebut mastah dalam berbagai macam bidang, tapi jika sudah masuk dunia kerja. Jika terlalu show off tentang semua keahlian kalian, Ujung-ujungnya banyak yang suka manfaatin dan terlalu bergantung kepada kita. Alhasil, pekerjaan yang ditangguhkan kepada kita malah semakin menumpuk.

Jika kalian memang sanggup untuk membagi waktu dan mengerjakan semua dengan baik dan tepat waktu, menurut saya sih ok-ok saja. Jujur saja, saya sendiri masih sulit untuk membagi waktu saya. Mulai dari pekerjaan sampai ke proyek yang membebankan kepala saya. Cukup banyak menguras energi dan sistem kerja otak.

Mastah Yang Pernah Newbie Juga Butuh Istirahat.

Nah, kalo ini. Memang sih, saya juga pernah terobsesi dalam suatu proyek yang membuat saya bekerja seperti robot. Ingin tembus target tapi kesehatan di hiraukan.

Buat yang belum jadi mastah dan masih Newbie, menjaga kesehatan adalah mutlak nyatanya. Jangan kaya saya, ngebut ngejar target seminggu tidur gak wajar. Ujung-ujungnya badan nge drop, masuk angin dan malah kewalahan karena badan gak fit.

Yah. Mungkin cukup sekian celotehan saya tentang “Mastah Juga Pernah Newbie“, Sebenarnya saya menulis ini juga tanpa dasar yang jelas dan hanya bermodalkan pengalaman pribadi. Sekiranya ada manfaat bagi kalians setelah membaca ini, silahkan di ambil, dan yang buruk-buruk disaring lagi agar menjadi baik. Lagi pula saya juga masih belajar untuk benar-benar mendalami bidang yang saya suka.

11 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *