Tutorial Cara Ng Edit Video Menggunakan Movie Studio 12 (Dasar)

Nah kawan-kawan, di pagi yang mendung ini. Aku akan meluangkan sedikit waktuku yang lebih banyak waktu luangnya. biarpun beberapa bulan kemarin sangat sibuk karena pekerjaan hingga membuat blog ini mati suri.
Kali ini aku akan memberikan tutorial cara ngedit video yang paling sederhana dari yang sederhana. mungkin dasar dari segala dasarnya lah.
Sebelumnya, kita mau buat ngedit video apa dulu nih. di internet banyak sekali software-software untuk editing video, dari yang gratis hingga yang berbayar, tentunya harga menunjukan suatu kualitas video editor itu kan.
Nah, sekarang video apa yang mau kita edit nih? Mungkin editing yang simple aja yah.
Kita buka dulu Movie Studionya. Catatan, Movie Studio 12 memiliki beberapa ekstensi yang tidak dapat langsung di import ke Movie Studio 12, contohnya seperti .MKV. Nah, jadi ada baiknya kita mengcomvertnya terlebih dahulu, kalian juga bisa membaca Tips Untuk Convert Seperlunya untuk lebih lanjut.
Tampilan Awal Movie Studio 12

Nah. Untuk settingan HD 720 bisa dicontoh seperti di atas, jika sudah diberi nama, langsung saja kita buat. tapi gak langsung di kasih nama juga bisa ^_^.

Nah, sekarang, coba kita tarik satu video yang ingin kita buat.
Drag & Drop Video Yang Ingin Kita Edit

 

Drag & Drop Video Yang Ingin Kita Edit

 

Nah, sekarang kita mau ngedit video kaya apa dulu nih? mau di kasih efek kaya film jadul? gampang, tinggal tarik aja efek jadul ke video yang ingin kita berikan efek.
Memberikan Efek Film Jadul – Drag And Drop
Pengaturan Utuk Efek Film Jadul Nya
Kita juga bisa mengatur efek-efeknya, mulai dari pencahayaan, garis-garis dan bahkan warnanya juga bisa kita atur. Kalau sudah selesai di atur, bisa langsung di close ajan tab settingan nya.
Kita juga bisa memotong-motong video yang kita inginkan dengan split tool. mungkin saja kan ada beberapa scene yang tidak ingin kita lihat kan?
Memotong Dengan Split Tool
Menhapus scene yang di inginkan.
Nah, Misalnya kita ingin membuat outro baru, kita tinggal langsung aja split bagian akhir trus di delete dah.
Jika ingin membuat perpindahan antara scene 1 dengan scene 2 lebih halus, kita juga bisa menambahkan efek fade. bisa juga sebagai Intro dan Outro sederhana.
Fade

Kita juga bisa membuat transisi disetiap adegan yang kita inginkan. misalnya transisi flash cahaya singkat di akhir video.

Tranisi
Jika kita ingin membuat text, gampang. tinggal kita tentukan lokasi yang kita inginkan untuk menempatkan text nya.
Menambahkan Text

 

Jika ingin membuat video on video, bisa langsung di import video yang kita mau. tapi perlu di ingat, jika video yang pertama memiliki effek seperti efek film jadul, kita juga harus menambahkan effek jadul itu ke video yang kita taruh tadi. gambar pun bisa juga kita drag and drop sama seperti video.
Menempatkan Video Di Atas Video

Nah, sekian dulu Tutorial Cara Nge Edit Video Menggunakan Movie Studio 12. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan saja.

21 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *