Cara Setting Incapsula Lewat CPanel

Yahalo, Baru-baru ini, AdeHaze menyewa layanan Shared Hosting dari Niagahoster, well untuk salah satu web percobaan yang pengen aku host disana. Sekalian pengen tau juga seberapa menarik kah layanan di hosting ini. Untuk paket nya sih, aku menggunakan yang standar-standar aja.

Nah, berhubung aku menggunakan paket yang biasa-biasa aja, lagipula hanya untuk web ujicoba, sepertinya tak membutuhkan paket hosting yang tidak terlalu besar, maka dari itu, sekalian untuk meningkatkan perfoma dan juga CDN, aku menggunakan layanan CDN dari Incapsula.

Cara kerja Incapsula sederhana, hanya perlu mengubah DNS pada domain di cpanel kita.

Untuk pendaftarannya juga mudah, terlebih lagi Incapsula memberikan layanan gratis untuk website Non-SSL, atau layanan gratis untuk website http. Tapi jika website atau blog kalian menggunakan SSL atau https, ada tambahan dana yang harus kalian bayar.

Cara Setting Incapsula

Jika kalian sudah mendaftar di Incapsula, kalian akan diminta untuk memasukan url web kalian, Incapsula nantinya akan mengecek web kalian. Jika proses cek selesai, Incasula akan memberikan Dua IP dan Cname baru yang akan kalian gunakan untuk mengganti IP dan Cname pada domain lama.

incapsula-setup-instructions

Jika kalian sudah mendaftakan website kalian, kalian akan diberikan alamat yang akan kalian gunakan.

Nah, kalian masuk ke CPanel kalian, lalu buka Advance Zone Editor

Advance Zone Editor

Setelah itu, kita ganti semua apa yang perlu kita ganti

Advance Zone Editor

Nah, Kalian ubah Record masing2 seperti yang telah Incasula berikan (A Record dan Cname Record).

Selamat, Domain anda telah di optimasi dengan bantuan Incapsula.

Mengatasi Tidak Bisa Menerima Mail Incapsula

Setelah menganti DNS, kira-kira apa settingannya sudah selesai? Hmm,,,, sebenarnya sudah. Sudah jika kalian tidak menggunakan email dari domain kita atau hanya ingin mengirim tanpa menerima email dari domain kita, maka tidak masalah. Tapi, bagaimana jika kita ingin menggunakan domain untuk mengirim dan menerima email? tentunya akan menjadi masalah. Masalahnya, kita hanya dapat mengirim email tapi tidak bisa menerima email, ini terjadi karena root domain kita telah dihandle oleh Incapsula. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Sebenarnya caranya amat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Kita Kembali lagi ke Advance Zone Editor.

Disitu tertulis

Name : Mail.Curuload.com

TTL : 14400

Type : Cname

Address : Curuload.com

Nah, ini yang menjadi masalahnya, mail kita mengarah ke root domain, sedangkan root domainnya kan mengarah ke Incasula. Maka dari itu, kita perlu mengganti type record dan juga address nya.

Buka Zone Editor, trus ganti Type Record untuk mail menjadi CName, lalu addressnya adalah address asli yang kita gunakan, misal 256.00.00.00

Ganti Dari CName Ke A Record

Incapsula Mail Ganti CName KE A

Setelah itu, kita juga harus mengganti MX Entry / Record nya, Buka MX Entry

Buka MX Editor

Lalu, kita tambahkan subdomain ke dalam root domain kita.

MX Mail Record

Menambahkan Sub Domain

Dengan begini, kita sudah bisa menerima email dengan lancar. Semoga tutorial ini bisa membantu bagi kalian yang kesulitan atau kebingungan karena tidak bisa menerima email setelah disetting dengan Incapsula. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk bertanya.

 

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *