Cara Setting Cloudflare

Yahalo, Setelah beberapa waktu lalu kita membahas tentang settingan Incapsula, sampai permasalahan settingan Incapsula yang gagal menerima email. Kali ini AdeHaze sekalian curhat nih, beberapa waktu lalu saat saya menggunakan jasa Hosting dari, hmmm, lupa namanya, udah gak make jasa itu lagi soalnya. Waktu dulu pernah submit tiket tentang permasalahan cloudflare yang jadinya gak bisa menerima Email. Lalu dijawab sama teknikal support nya dengan jawaban yang amat membuat saya kesel. Jawabannya kayak gini “Untuk dapat menerima email menggunakan domain anda, silahkan anda ganti Nameserver nya ke Hosting Nameserver kami”. Jawaban macam apa ini? hmmm,, Saya kan menggunakan Cloudflare, otomatis kalau ingin menggunakan Cloudflare, kita harus menggunakan Nameserver yang telah Cloudflare berikan dong?, Setelah saya cari-cari Di Knowledgebase nya Jasahosting tersebut, sama sekali tidak ada dokumentasi yang menuliskan akan hal tersebut. Ya sudah, saya cari-cari aja panduannya, mulai dari StackOverlfow dan lainnya kutelusuri. Dan Alhamdulillah, Ternyata permasalahannya gak jauh beda dengan Incapsula yang gagal menerima Email.

Nah, sekalian saja, saya langsung rangkung semua tutorialnya mulai dari awal sampai selesai. Sebelumnya, udah pada tau kan fungsi Cloudflare tuh apa? Fungsi Cloudflare tuh gak jauh beda dengan Incapsula. Mereka sama-sama penyedia Content Delivery Content. Bedanya, Kalau Incapsula mengharuskan kita mengganti Point Address A Record dan CName Record, sedangkan Cloudflare, mengharuskan kita mengganti NameServer nya.

Setting Cloudflare Dengan Mengganti NameServer.

Nah, jika kalian belum punya akun cloudlfare, sebaiknya kalian registrasi terlebih dahulu. Jika kalian sudah registrasi, langsung saja tambahkan website mana yang ingin kalian tambahkan fitur cloudflare.

cloudflare-adehaze-cafaw

Masukan alamat website kalian.

cloudflare-adehaze-linovi01

Tunggu hingga proses scan selesai.

cloudflare-adehaze-linovi02

Setelah selesai, klik “Continue Setup”

cloudflare-adehaze-linovi03

 

Nah, Berhubung Cloudflare mengharuskan kita mengganti Nameserver asli kita ke Nameserver milik Cloudflare, maka kita harus memastikan semua DNS Record telah terdata di Cloudflare. Periksa satu-satu di DNS Management utama kalian, dan pastikan semua DNS Record kalian sudah sama.

Jika sudah selesai, langsung saja klik “Continue”

cloudflare-adehaze-linovi04

Untuk pemilihan paketnya, tinggal kalian pilih saja mana yang sesuai dengan kalian. Yang Cloudflare Gratis juga ada.

cloudflare-adehaze-linovi05

Nah, kita sudah diberikan Nameserver nya Cloudflare, sekarang kita tinggal mengganti Nameserver kita untuk mengarah ke Cloudflare.

Kita tinggal menunggu hingga Nameserver kita benar-benar telah terupdate dengan Cloudlfare. Kadang cepet, tapi kadang lama juga, yah kalian sabar saja ya.

Tidak Bisa Menerima Email Setelah Menggunakan Cloudflare.

Well, Mungkin ini salah satu masalah yang akan kita hadapi. Dengan Nameserver yang berubah, Kadang dalam keadaan tertentu, kita tidak bisa menerima email setelah mengganti ke Nameserver milik Cloudlfare. Seperti yang pernahku jelaskan sebelumnya. Jika kalian tidak membutuhkan email dengan domain kalian, tentu tidak terlalu masalah, tapi jika kalian ingin menggunakan domain kalian untuk menerima dan mengirim email, jadinya ya masalah. Mungkin dari kalian ada juga yang gagal menerima Email setelah menggunakan Cloudlfare.

Untuk mengatasi masalah ini, Kita hanya perlu mengganti CName record untuk mail mengarah ke ip server kita, bukan ke domain kita. Untuk caranya, saya akan mengambil contoh seperti Settingan Incapsula.

Kita Kembali lagi ke Advance Zone Editor.

Disitu tertulis

Name : Mail.Curuload.com

TTL : 14400

Type : Cname

Address : Curuload.com

Nah, ini yang menjadi masalahnya, mail kita mengarah ke root domain, sedangkan root domainnya kan mengarah ke Cloudflare. Maka dari itu, kita perlu mengganti type record dan juga address nya.

Buka Zone Editor, trus ganti Type Record untuk mail menjadi CName, lalu addressnya adalah address asli yang kita gunakan, misal 256.00.00.00

Ganti Dari CName Ke A Record

Incapsula Mail Ganti CName KE A

Setelah itu, kita juga harus mengganti MX Entry / Record nya, Buka MX Entry

Buka MX Editor

Lalu, kita tambahkan subdomain ke dalam root domain kita.

MX Mail Record

Menambahkan Sub Domain

Lihat, Untuk settingan Cloudflare tidak jauh berbeda dengan Incapsula, biarpun kalau Incapsula, kita tidak perlu menggnati Nameserver kita.

Dengan begini, kita sudah bisa menerima email dengan lancar. Semoga tutorial ini bisa membantu bagi kalian yang kesulitan atau kebingungan karena tidak bisa menerima email setelah disetting dengan Cloudflare. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk bertanya

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *