Cara Membuat Lagu Chiptune 8-bit Versi GXSCC B236E

Yahalo, Dari kemaren-kemaren AdeHaze sudah sering sekali meng update tutorial tentang video editing. Mungkin hari ini kita rehat sejenak untuk video editingnya. Kali ini saya ingin berbagi tutorial, bagi yang belum tau tentang Chiptune atau 8-bit.Bagi para penggemar atau pemain game-game jadul, seperti Nitendo, GBA, dll. pasti amat mengenal dengan beberapa nada atau backsound-backsound game tahun 90an kebawah. Tentunya, nada yang bernuansa game akan terdengar unik kan.

“Chiptune, juga dikenal sebagai musik Chip atau 8-bit musik, disintesis musik elektronik yang 1) dibuat untuk PSG suara chip (nyata atau ditiru) yang digunakan dalam komputer vintage, konsol, dan mesin arcade atau 2) Format tracker musik yang sengaja terdengar mirip dengan musik tua PSG Chip atau 3) musik yang menggabungkan PSG suara dan electronica / EDM gaya musik modern”_Wikipedia

Sebenarnya, membuat Chiptune atau 8-bit susah-susah gampang. Bagi yang jago music, tentu hal ini tidak terlalu sulit untuk dicoba, tapi bagi beberapa orang yang hanya sekedar penikmat musik, akan sedikit kesulitan untuk membuatnya.AdeHaze disini hanya akan menjelaskan untuk cara membuat 8-bit Chiptune versi express tanpa ada improfisasi pada lagunya. Yang hanya kita butuhkan hanyalah satu file lagu midi dan software bernama GXSCC.

Link : GXSCC B236E.

Cara Membuat Lagu Chiptune 8-bit Versi GXSCC B236E-AdeHaze
GXSCC B236E

Kalo dilihat secara sekilas, terlihat rumit dengan berbagai macam panel-panel yang ada, tapi sebenarnya tidak. Software ini sangat mudah untuk di gunakan. Kita hanya perlu Men Drag And Drop file midi kita langsung ke software nya. Secara otomatis, midi tersebut di convert ke nada Chiptune 8-Bit.

Cara Membuat Lagu Chiptune 8-bit Versi GXSCC B236E - AdeHaze
GXSCC
Untuk Settingan lainnya juga tidak terlalu ribet. kita bisa dengan mudah mengubah instrument set nya. Lalu, jika kalian ingin menjadikan satu file lagu baru, kalian hanya perlu meng klik “Authoring”. Dan lagu versi Chiptune akan langsung terbuat.

Tapi memang, dengan hanya menggunakan software ini, ada beberapa lagu yang sangat buruk untuk didengarkan, nada yang tidak rapih dan terkesan berantakan. Tapi, ada juga beberapa lagu yang jika kita convert, justru membuat ke unikan lagu tersebut. Klik Link ini jika kalian ingin mendengar contoh lagu yang telah di convert nyaLink : “Nidji – Disco Lazy Time“.

Nah, jika kalian ingin membuat lagu Chiptune 8-bit yang lebih advance, kalian harus mencoba software bernama Famitracker. Dengan ukuran software yang amat kecil, bahkan kurang dari 10mb, kalian bisa membuat lagu Chiptune 8-bit yang keren.

Ada juga salah satu software Audio Editor faforit saya yang bernama FL Studio, dengan fitur-fitur yang komplex, kalian bisa membuat berbagai macam audio, remix, chiptune, dubstep dan jenis-jenis lainnya,Kalau kalian suka Nightcore, baca juga Cara Membuat NightCore, caranya amat mudah dan cukup simpel untuk membuat NightCore sederhana.

Jika ada yang ingin ditanyakan, tinggalkan aja komentar ^_^.

Ringkasan
Cara Membuat Lagu Chiptune 8-bit Versi GXSCC B236E
Judul Artikel
Cara Membuat Lagu Chiptune 8-bit Versi GXSCC B236E
Deskripsi
Chiptune, juga dikenal sebagai musik Chip atau 8-bit musik, disintesis musik elektronik yang dibuat untuk PSG suara chip (nyata atau ditiru) yang digunakan dalam komputer vintage, konsol, dan mesin arcade
Penulis
Publish
AdeHaze
Logo
5 Comments

Mari Berkomentar, Siapa Tahu Nanti Kita Ketemu Dijalan