Cara Mengeluarkan Soft Sub

Yahalo, Hari ini AdeHaze akan memberikan tutorial nih, bagi kalian yang suka nonton. Kalian pernah gak membuka video yang sudah ada subtitle didalam? Pasti diantara kalian ada yang pernah kan melihatnya. Khususnya bagi video file yang berformat .MKV. ekstensi ini biasanya paling banyak yang dijadikan video build in with subtitle atau video yang sudah memiliki subtitle didalamnya. Nah, sebelum itu, kalian juga harus mengetahui mana soft sub dan mana hardsub. Untuk Softsub, contohnya seperti gambar dibawah ini.
Cara Mengeluarkan Soft Sub-AdeHaze
Softsub
Nah, gambar di atas menunjukan bahwa subtitle yang ada pada dalam video itu adalah softsub. Jadi kita bisa mengeluarkan subtitlenya dengan bantuan software kecil yang cukup membantu. Karena software ini bisa memasukan subtitle atau pun juga bisa mengeluarkan subtitle. Softwarenya bernama MKV Tool Nix. Kalian bisa mendownload MKV Tool Nix disini
MKV Tool Nix -AdeHaze
MKV Tool Nix
Sebelumnya, kalian instal dulu softwarenya.
Kalau softwarenya sudah selesai kalian instal, tinggal kalian buka saja softwarenya.
MKV Tool Nix Interface -AdeHaze
Tampilan MKV Tool Nix
Lalu, kalian tinggal masukan saja video yang akan kalian keluarkan subtitlenya.
Ceklis bagian subtitle-AdeHaze
Ceklis bagian subtitle
ceklis bagian subtitle yang ingin kalian keluarkan. Kalian juga bisa mengeluarkan audio atau pun juga videonya saja.
Nah, jika sudah menentukan mana yang ingin dikeluarkan, tinggal di Start Muxing saja, nanti outputnya akan muncul di path yang sudah ditentukan.
Kalian harus tahu, MKV Tool Nix ini hanya bisa berguna untuk video-video yang berstatus softsub. Jika videonya sudah hardsub, itu tidak bisa dikeluarkan lagi, karena hardsub itu berarti subtitlenya telah benar-benar menyatu kedalam video, layaknya watermark yang menempel pada video. Biasanya, video-video yang softsub itu memiliki ekstensi .MKV, dan biasanya video-video yang sudah hardsub berekstensi .AVI, .MP4, dll.
Jika untuk membuka file subtitle tadi, kalian bisa menggunakan text editor bawaan dari windows seperti Notepad, atau kalian bisa menggunakan Subtitle Editor yang bernama Aegisub, Nah, kalian bisa membaca tutorialnya tentang “Mencocokan Timing Pada Subtitle“. di postingan tersebut akan dibahas.

Ringkasan
Cara Mengeluarkan Soft Sub
Judul Artikel
Cara Mengeluarkan Soft Sub
Deskripsi
Kalian pernah gak membuka video yang sudah ada subtitle didalam? Pasti diantara kalian ada yang pernah kan melihatnya. Khususnya bagi video file yang berformat .MKV. ekstensi ini biasanya paling banyak yang dijadikan video build in with subtitle atau video yang sudah memiliki subtitle didalamnya
Penulis
Publish
AdeHaze
Logo
12 Comments

Mari Berkomentar, Siapa Tahu Nanti Kita Ketemu Dijalan