Cara Membuat Animasi Tutorial Gif Dengan LICEcap

Yahalo, AdeHaze mau nyerempet dikit nih dari Audio Dan Video, tapi masih berhubungan dengan Video, ya semacam kaya video tutorial, Sekarang AdeHaze mau membahas tentang membuat tutorial keren dan hemat menggunakan LICEcap. Bagi yang belum tau, LICEcap tuh fungsingnya untuk mencapture semua area yang ada di layar desktop kita kedalam .Gif.
Mungkin, bagi kalian yang suka bikin tutorial, atau video tutorial pernah menggunakan Camtasia Screen Recorder. Software itu memang banyak membantu kita dalam pembuatan video tutorial. Tapi, bagaimana jika kita hanya ingin membuat video tutorial sederhana tanpa ukuran size kecil dan penerapan yang cepat?
Nah, LICEcap bisa kita gunakan untuk pembuatan tutorial yang cepat, mudah, dan tak makan banyak size dan juga ram untuk pembuatannya. Penggunaannya pun amat sangat mudah, Hanya tinggal membuka LICEcap dan klik Record.
Link : LICEcap – Silahkan dicoba ^_^
Membuat Animasi Tutorial Gif Dengan LICEcap - AdeHaze
Cara Menggunakan LICEcap
Amat mudah kan? memang tidak seperti Camtasia Screen Recorder, karena LICEcap hanya men capture gambar dan dijadikan Animasi, berbeda dengan Camtasia Screen Recorder yang dapat merekam serangkaian audio dan video. Tapi, jika hanya untuk membuat video tutorial sederhana, Dengan bantuan LICEcap ini, kita bisa dengan mudah untuk membuatnya, biarpun tak ada suara. Ya jelaslah, toh outputnya juga .GIF :v.
Untuk contohnya, kalian bisa melihat Tutorial After Effect – Membuat Spectrum, Disitu saya menaruh Animasi Tutorial menggunakan LICEcap, dan ada juga Tutorial yang saya buat menggunakan Camtasia Screen Recorder. Penggunaan yang mudah dan juga ampuh.

Fitur LICEcap :

 

  • Rekam langsung ke .GIF atau .LCF.
  • Pindahkan bingkai screen capture saat merekam layar.
  • Pause dan restart rekaman.
  • Hotkey global (shift+space) untuk Pause/Start
  • Adjustable framerate rekaman maksimum, untuk memungkinkan throttling penggunaan CPU.
  • Bingkai judul dasar, dengan atau tanpa teks.
  • Rekam dengan menekan tombol mouse.
  • Tampilan lama waktu saat rekaman.

 

Requirements :

 

  • Untuk Windows: Windows XP / Vista / 7/8 / 8.1 / 10
  • Untuk OSX: OS 10.4+ (10.6+ untuk dukungan fitur penuh), PPC atau Intel
  • RAM (1GB +, terutama ketika encoding ke LCF)

Link : LICEcap – Silahkan dicoba ^_^

Bagaimana, cukup mudah kan untuk menggunakannya, LICEcap ini cukup ringan untuk kita gunakan jika ingin membuat video tutorial dibandingkan dengan Camtasia Screen Recorder, tapi setiap software kan memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, tinggal kita yang ingin menggunakannya untuk apa ^_^.Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan untuk berkomentar ^_^

Ringkasan
Cara Membuat Animasi Tutorial Gif Dengan LICEcap
Judul Artikel
Cara Membuat Animasi Tutorial Gif Dengan LICEcap
Deskripsi
LICEcap tuh fungsingnya untuk mencapture semua area yang ada di layar desktop kita kedalam .Gif. LICEcap bisa kita gunakan untuk pembuatan tutorial yang cepat, mudah, dan tak makan banyak size dan juga ram untuk pembuatannya.
Penulis
Publish
AdeHaze
Logo
8 Comments

Mari Berkomentar, Siapa Tahu Nanti Kita Ketemu Dijalan