Cara Membuat Watermark 3D Di Video

Yahalo, Sedikit basa-basi tentang kelangsungan blog ini yang kadang seperti terpisah akan dua dimensi. Disatu sisi blog ini membahas seputar tentang editing video, tapi disisi lain web ini juga kadang membuat artikel tentang web dan juga server. Memang sedikit jadi gak nyambung ya. Maka dari itu AdeHaze sendiri akan membuat /blog yang satu ini benar-benar terfokuskan untuk satu topik yaitu Editing Video. Dan mungkin untuk kelanjutannya, semua artikel yang tidak berhubungan dengan Multimedia akan kita pindah ke /net. Dengan begitu /blog akan semakin jelas dengan isinya.

Dan untuk pagi yang cerah ini, Kemaren temen ada yang minta rapihin videonya. Sebenarnya, untuk merapihkan sebuah potongan sangatlah mudah. Tapi kalau hanya sekedar merapihkan dan tanpa ada tambahan-tambahan yang bisa membuat video itu menarik, rasanya sangat disayangkan.

Saya pun meluangkan sedikit waktu saya untuk menjadikan sebuah logo 2D menjadi 3D. Untuk membuat logo 2d menjadi 3d, salah satu software yang dibutuhkan adalah Photoshop entah versi berapun. kita pisahkan logo Asli (lihat gambar) menjadi dua bagian. Logo bagian dalam dan juga logo bagian luar.

Kalian bisa menggunakan masking atau selection tool untuk menyeleksi beberapa bagian. Untuk penjelasan lebih lanjutnya silahkan kalian cari sendiri. Format untuk gambarnya jangan lupa dijadikan .png  ya.

Logo 2d menjadi 3d

Logo Asli

Membuat logo 2d menjadi 3d

Bagian Dalam Logo

Membuat logo 2D menjadi 3d

Bagian Luar Logo

Bahan-bahannya sudah siap untuk membuat watermark yang berupa logo 3D. tentu saja, sekarang kita ke software utama kita. Vegas Pro. Untuk sedikit info, sekarang Vegas Pro sudah bukan milik Sony lagi, tapi sekarang sudah di akuisi oleh perusahan Magix.

Langkah-Langkah Membuat Watermark 3D

Buat file baru di Vegas Pro, lalu masukan kedua gambar png ini ditempatkan pada timeline yang terpisah

adehaze-vegas-watermark-3d-4.

Setelah itu kalian perpanjang waktunya sesuai dengan kebutuhan kalian. Mungkin 5 sampai 10 detik sudah cukup. Nah, berhubung yang ingin kita buat menjadi seperti 3D nya saja. Cukup kita pilih satu bagian dalam gambar dari logo tersebut. Akan kita berikan efek memutar didalamnya.

adehaze-vegas-watermark-3d-5

Klik dan aktifkan 3D Source Alpha, lalu aktifkan lagi track motion.

Track Motion watermark 3D

Untuk memutar ke kiri atau kekanan, kalian bisa langsung mengubah kordinat yang ada di pinggirnya

track motion

Kalian juga bisa mengaturnya untuk berputar sesuai keinginan kalian.

Track Motion

Jangan lupa untuk membuat penutup pada “Keyframe” akhir agar membuat perputarannya rapih.

Jika belum jelas, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya disini.
Youtube Part 1, Part 2.

Jika ada yang ingin ditanyakan, atau komentar entah apa yang masih berhubungan dengan Vegas Pro silahkan saja.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *