Membuat Facebook Cover Video Sederhana

Yahalo~ Biarpun sedikit telat. Mungkin sudah sangat lama. Saya baru bisa menyempatkan diri untuk membuat tutorial sederhana ini. Terlebih lagi, dengan berkembangnya media sosial seperti facebook, saat saya berkunjung ke beberapa fanspage, ada beberapa hal yang membuat saya tertarik, khususnya Facebook Cover Video. Terlintas dipikiran saya untuk membuat satu untuk Fanspage sederhana saya. Sekalian saya buat, saya jadikan saja Tutorial. Dan Mohon maaf sebelumnya, Tulisan ini tidak saya buat secara detail. Karena ini hanya sekedar pengenalan untuk pembuatan Facebook Banner Video.

Oke, Untuk Dimensi minimum setidaknya video berukuran 820 x 312 piksel, sedangkan ukuran yang disarankan adalah 820 x 462 piksel. Video cover banner setidaknya berdurasi 20 detik, dan maksimal 90 detik. Membuat 2D Motion graphics Sederhana Untuk Facebook Banner Video - 01
Berhubung kita ingin membuat yang sederhana, jadi tidak terlalu banyak yang saya tambahkan. Setidaknya cukup untuk menjakan mata selama 20 detik secara berulang.
Membuat 2D Motion graphics Sederhana Untuk Facebook Banner Video - 02Sebagai Background untuk video nya, saya menggunakan warna putih dari “Media Generator”
Berhubung saya hanya ingin membuat Video banner sederhana untuk fanspage saya ini. Jadi saya akan menggunakan logo ini sebagai contohnya.
Membuat 2D Motion graphics Sederhana Untuk Facebook Banner Video - 03
Saat memasukan gambar logo ke vegas, ada baiknya elemen-elemen tertentu dipisah. Seperti lingkaran kuning pada logo saya. Saya hanya memasukan logo tanpa warna latarnya. Karena latarnya bisa kita buat dalam vegas.
Membuat 2D Motion graphics Sederhana Untuk Facebook Banner Video - 04Dengan menggunakan Masking, kita bisa membuat Latar lingkaran dan juga menganimasikannya. Memasukan gambar secara terpisah lebih baik karena kita bisa lebih mudah untuk mengatur dan mengkostumisasi gambarnya juga.
Setelah itu, dengan Menentukan pergerakan dan posisi dalam beberapa frame, kita dapat membuat animasi sederhana seperti gerakan memperbesar, memperkecil, dan juga gerakan-gerakan lain bahkan bentuknya pun juga bisa.
Membuat 2D Motion graphics Sederhana Untuk Facebook Banner Video - 05Nah, Saat ingin merendernya, Jangan lupa mengkostumisasi templatenya,
Membuat 2D Motion graphics Sederhana Untuk Facebook Banner Video - 06Lalu Pilih “Costune Frame Size”
Membuat 2D Motion graphics Sederhana Untuk Facebook Banner Video - 07 Nah, kita masukan dimensi minimum yang dibutuhkan Facebook banner, yaitu 820 x 312 piksel. Setelah itu dirender deh. Hasilnya bisa kalian lihat di Fanspage AdeHaze.

Kalian  bisa melihat tutorial videonya di Youtube Ataupun Facebook.
Well, memang terkesan terlalu simpel. Hanya sebuah lingkaran yang memperbesar dan memperkecil ditengah. Tapi dengan ini semoga pembaca mendapat gambaran untuk membuat gerakan animasi lainnya. Mungkin lain waktu saya akan membuat tutorial yang lebih detail daripada ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya. Terima kasih.

Ringkasan
Tutorial Membuat Facebook Cover Video Sederhana
Judul Artikel
Tutorial Membuat Facebook Cover Video Sederhana
Deskripsi
Tutorial singkat tentang cara pembuatan Facebook Cover Video sederhana untuk dipasang di Fanspage Facebook.
Penulis
Publish
AdeHaze
Logo
2 Comments

Mari Berkomentar, Siapa Tahu Nanti Kita Ketemu Dijalan