Cara Memotong Video Di Sony Vegas Pro

Memotong video merupakan hal dasar yang kita lakukan dalam editing video. Tentu saja ini merupakan hal yang wajib untuk kita ketahui. Dan berhubung blog ini membahas tentang editing video, jadi lebih baik kita awali dengan yang dasar-dasar dulu agar mudah kedepannya. hehe.

Software Vegas Pro yang digunakan saat ini merupakan versi 14. Baik itu versi 13, 12, atau 11 memiliki fitur dan fungsi yang hampir sama. Jadi tutorial ini bisa dipraktekan di aplikasi sejenisnya. Baiklah, mari kita mulai saja tutorialnya.

Pastikan Vegas Pro telah terbuka, dan pastikan juga video yang ingin diedit atau dipotong durasi videonya sudah di convert ke filetype yang support ke Vegas Pro. Kalian bisa menconvert video seperlunya saja dengan menggunakan aplikasi all in one nya dvdvideosoft. Tapi karena pengetahuan dasar itu penting, jadi kita perlu mengetahui dasarnya juga.

Disitu terlihat video yang akan saya edit memiliki beberapa track.

Cara Memotong Video Vegas Pro

Setelah kita memasukan video yang ingin kita potong, tinggal kita tentuka saja bagian yang ingin kita potong. Misalnya saya ingin mengambil 1 menit pertama dari video ini, maka kita arahkan ke waktu tersebut.

Tapi pengalaman saya dalam editing video, saya jarang memperhatikan waktu tersebut, tetapi lebih ke framerate. Frame rate itu merupakan jumlah bingkai pada sebuah gambar atau frame yang ditampilkan setiap detik ketika membuat gambar bergerak, diwujudkan dalam satuan fps (frames per second), makin tinggi angka fps-nya, semakin mulus gambar bergeraknya. Game dan film biasanya memiliki fps yang tinggi.

Akan lebih baik kalau kita mengerti semuanya, jadi tetap akan saya jelaskan sedikit.

Cara Memotong Video Vegas Pro

Cara termudah untuk menentukan timing waktu untuk pemotongan adalah dengan mengklik gambar berikut untuk menentukan durasi penempatan tanda. Dengan begitu penempatan waktu akan lebih mudah jika misalnya kita membutuhkan target waktu tertentu, atau memiliki batasan waktu yang harus kita buat dalam video tersebut.

Menentukan waktu/timing itu juga dapat mempengaruhi kualitas video, penempatan waktu yang buruk dapat merusak hasil rekaman video itu sendiri.

Cara Memotong Video Vegas Pro

Pada panel dibagian kanan bawah, tinggal kalian atur ingin melompat kebagian waktu yang mana. maka penandanya akan berpindah dengan mudah

Disini, berhubung seperti yang kita sebutkan diatas. Penempatan waktu yang akan dipotong adalah 1 menit, di bagian penanda itu kalian tinggal klik-kanan saja hingga muncul beberapa perintah. dan pilih Split. Untuk shortcutnya juga, kita bisa dengan mudah menekan tombol S agar video pada garis penanda itu terpotong.

Cara Memotong Video Vegas Pro

Bisa dilihat hasil dari pemotongan tadi, Sebuah video terpotong menjadi dua buah bagian yang bisa kita atur penempatannya. Dalam editing video, biasanya pemotongan, atau Cut sering dilakukan dalam proses pembuatan video. Karena itu juga dapat mempengaruhi kualitas video. Cara pemotongan yang buruk dapat merusak video itu sendiri.

Cara memotong video vegas pro

Videonya sekarang terpisah menjadi dua bagian. Tinggal kita lakukan pemilihan adegan-adegan yang ingin kita ambil, manfaatkan, atau dijadikan hal lainnya.

Dalam editing video, pemilihan adegan itu memang sangat penting. seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas video, seperti timing, cutting, dan lain sebagainya. Khususnya untuk mendapatkan momen-momen tertentu, tentu penempatan adegan yang tepat sangat dibutuhkan.

Cara memotong video vegas pro.

Memotong  audio juga terbilang sama, kita bisa menggunakan cara yang sama seperti memotong video. karena mereka masih berada pada track yang sama.

Mungkin cukup sekian tutorial cara memotong video di vegas pro, jika ada pertanyaan bisa ditanyakan lewat komentar. Terima kasih.

Ringkasan
Cara Memotong Video Di Sony Vegas Pro
Judul Artikel
Cara Memotong Video Di Sony Vegas Pro
Deskripsi
Memotong video merupakan hal dasar yang kita lakukan dalam editing video. Tentu saja ini merupakan hal yang wajib untuk kita ketahui.
Penulis
Publish
AdeHaze
Logo

Mari Berkomentar, Siapa Tahu Nanti Kita Ketemu Dijalan