Cara Menghapus Suara Dengan Vegas Pro

Dan lagi, artikel yang kubuat atas dasar apa yang beberapa orang cari belakangan ini di index pencarian blog ini. Karena beberapa waktu lalu ada yang mencari tentang cara menghapus suara dengan sony vegas pro. Maka AdeHaze kali ini akan sedikit menulis artikel tentang betapa mudahnya melakukan hal itu.

Yah, mungkin bagi yang belum tau akan sedikit merepotkan, Tapi bagi yang sudah tau dan bisa bereksperimen dengan informasi yang didapatkannya akan sangat membantu untuk kedepannya. Untuk itu, kita langsung saja mulai.

Tahap untuk menghapus suara

menghapus suara

Siapkan video yang ingin kalian potong kedalam Vegas Pro.

adehaze_cara_menghapus_suara_vegas_pro_02

Lalu arahkan ke track audio -> Klik kanan -> lalu pilih “Delete Track”. Dengan begitu track Audio atau yang bisa kita sebut suara akan terhapus.

adehaze_cara_menghapus_suara_vegas_pro_03

Sebenarnya masih ada cara lain untuk menghilangkan suara pada Sony Vegas. Kita bisa dengan mudah menekan tombol mute yang ada pada track audio itu.

Kalian juga harus memperhatikan Track mana yang sedang kita pilih, karena jika tidak mungkin saja kalian akan menghapus beberapa track sekaligus. Untuk track yang sedang kita gunakan akan berbeda warna dari track-track yang lainnya.

Untuk kreasinya sendiri, kalian juga bisa membuat suara dari kecil ke besar. ini bisa disebut dengan”Fade”. Fade sendiri menurutku seperti efek pembuka.

adehaze_cara_menghapus_suara_vegas_pro_05

Untuk menambahkan Fade in, kalian tinggal arahkan saja ke awal timeline dan geser sesuai kebutuhan kalian.

adehaze_cara_menghapus_suara_vegas_pro_06

Tapi jika kalian melakukan itu secara langsung, maka audio atau suara yang tergabungnya akan ikut terbawa oleh efek Fade ini juga. Untuk mencegahnya, kita harus memisahkan mereka.

adehaze_cara_menghapus_suara_vegas_pro_04

Untuk memisahkanya sendiri, kalian lakukan dengan klik kanan pada track audio, lalu arahkan ke bagian Group dan pilih “Remove From”.adehaze_cara_menghapus_suara_vegas_pro_07

Dengan begitu kalian dapat membuat efek “Fade In” secara terpisah dari videonya.

Banyak kreasi yang bisa lakukan dengan menggabungkan beberapa suara dengan diberikan efek “Fade In”. Entah itu seperti menggabungkan dua lagu, atau menyisipkan lagu ditengan-tengah lagu lain. Kalian juga bisa memutilasi atau memotong beberapa bagian dari lagu untuk dijadikan satu dengan lagu-lagu lainnya.

Ok, mungkin cukup untuk artikel ini, semakin banyak kalian mencoba, itu bagus. Mungkin kalian akan menemukan beberapa teknik atau cara untuk membuat video seperti yang kalian harapkan.

#Update 26 September 2016

Berhubung kemarin ada yang nanya untuk mute per track..  kalian perhatikan saja gambar dibawah ini
vegas-pro-mute-adehaze

Perhatikan ikon “M” pada track tersebut, nah kalian klik saja ikon tersebut untuk membuat salah satu track menjadi “Mute”

Dan berhubung memang ada perbedaan antara ikon Vegas Pro 13, dan 14. Untuk Vegas Pro 13, sendiri ikon mutenya berbentuk seperti gambar dibawah ini

vegas-pro-mute-adehaze-02

Gambar diatas buat yang masih bingung untuk “Mute” salah satu track saja..

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *