Belajar Sony Vegas – Cara Stabilizer Pada Video Sony Vegas Pro

Yahalo, sudah satu minggu berlalu, kini AdeHaze akan memberikan sedikit pembelajaran tentang stabilisasi pada video. Disini Kita akan belajar cara stabilizer pada sony vegas. Nah, kalian sebelumnya pernah mengambil rekaman video tapi hasilnya gerak-gerak tak menentu kan. Seperti misalnya merekam video tanpa tripod, dengan manual hanya bermodalkan tangan.Tentu kalau posisi tangan kita tidak pas, akan membuat rekaman video menjadi gerakan yang kurang bagus. Dan akhirnya menghasilkan video yang bergoyang-goyang gak jelas seakan terkena gempa. Maka dari itu, kita akan menggunakan bantuan dari Sony Vegas untuk men stabilkan video agar terlihat lebih bagus.
Dengan bantuan plugin yang ada pada Sony Vegas Pro, kita akan dengan mudah mengontrol dan mnge edit video dengan efektif, dan juga kita bisa dengan jelas melihat perubahan yang terjadi setelah di stabilkan.
Fungsi Sony Stabilizer sangat beguna bagi kita yang ingin membuat video-video yang penuh dengan goyang-goyang gak jelas dan di sesuaikan dengan apa yang kita mau. Kalo di Youtube kalau tidak salah namanya Shakky apa gitu, mungkin kalian juga bisa menggunakan fitur itu kalau videonya terlanjur kalian upload ke Youtube.
Nah, langsung saja kita mulai. Import file yang ingin kalian edit lalu tempatkan langsung di dalam timeline
Stabilisasi Pada Sony Vegas
Stabilisasi Pada Sony Vegas
Setelah itu, kita tinggal menentukan bagian mana yang ingin kita stabilkan. Jika kalian sudah menentukan bagian mana yang ingin di stabilkan, langsung saja kita klik dan pilih Media FX
Stabilisasi Pada Sony Vegas
Stabilisasi Pada Sony Vegas
Lalu pilih Sony Stabilize
Stabilisasi Pada Sony Vegas - Ada Tiga Pengaturan
Stabilisasi Pada Sony Vegas – Ada Tiga Pengaturan
Saya merekomendasikan menggunakan salah satu preset yang ada pada Sony, salah satunya adalah Light Stabilize. Dan kalian juga bisa menambahkan “Pan Smooting” dan “Stabilization Amount” dengan jumlah yang menurut kalian cocok untuk video kalian.
Stabilisasi Pada Sony Vegas - Pengaturan
Stabilisasi Pada Sony Vegas – Pengaturan
Oh ya, perlu di ingat, pengaturan-pengaturan di atas seperi Ligh Stablization dll, bisa mengurangi sedikit dari video yang kita ubah menjadi lebih baik. Untuk perubahan yang lebih baik, saya sarankan untuk berekspolari tentang settingan yang tepat. Karena, masing-masing video tentu memiliki gerakan yang berbeda pula kan.
Stabilisasi Pada Sony Vegas - Poses Akhir
Stabilisasi Pada Sony Vegas – Poses Akhir

Jika pengaturan Stabilisasi tadi tidak cocok dengan apa yang kalian inginkan, Mungkin kalian bisa mencoba settingan lain atau mensetting sendiri untuk menyesuaikan antara Pan Smoothing dan Stabilization Amount.

Catatan – Agar stabilisasi menjadi lebih baik, saya sarankan untuk memperbesar area video menggunakan Event Pan/Crop . Karena, pada dasarnya Sony Stabilizer akan menyesuaikan video agar tidak terlihat goyah, maka jika ada gerakan video yang terlalu bergoyang-goyang, tentu ketika di sesuaikan atau diratakan agar tidak goyang, akan mengubah beberapa sudut yang ada pada video, maka dari itu, saya sarankan videonya di zoom terlebih dahulu agar tampak lebih bagus.
Nah, jika ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk berkomentar dan bertanya. Mungkin cukup sekian tutorial Sony Vegas Pro kali ini

39 Comments

Mari Berkomentar, Siapa Tahu Nanti Kita Ketemu Dijalan