Belajar Sony Vegas – Tutorial Transisi Flash

Yahalo, Malam yang indah nih, masih dalam nuansa hari sumpah pemuda, AdeHaze akan sedikit menjelaskan tentang transisi pada Sony Vegas. Kali ini kita akan belajar cara menggunakan Transisi. Sebenarnya, menggabungkan video atau gambar dengan transisi itu sangatlah mudah. Nah, bagi kalian yang belum familiar atau baru belajar untuk editing video, mari kita belajar cara untuk membuat transisi pada video ataupun gambar. Bagi yang belum tau tentang transisi, transisi itu adalah suatu efek perpindahan kemunculan diantara suatu klip video. Dengan efek transisi maka perpindahan klip video akan terlihat jauh lebih indah. Transisi ada berbagai macam jenisnya, ada yang menggunakan frame, ada juga yang menggunakan slide, dan juga flash. Tentunya, dengan pembuatan suatu video, menambahkan transisi akan menambah video mu semakin bagus kan.

Dalam tutorial Sony Vegas kali ini, kita akan menggunakan transisi berupa Flash, kalian juga bisa menggunakan transisi jenis lain. Tapi utnuk sekedar pengetahuan dasar, kita mulai saja dengan menggunakan efek cahaya kilat atau Flash. Mari kita mulai saja Tutorial nya.

Langkah 01
Kita masukan file video ataupun gambar kedalam timeline Sony Vegas. Untuk contoh kali ini, saya menggunakan dua file klip video. Kalian bisa dengan mudah men drag & drop file kalian, atau bisa juga dengan. Klik File > Open, setelah muncul kolom Open pilih salah satu file klip video atau foto, lalu klik Open untuk menutup kolom.

Belajar Sony Vegas – Tutorial Transisi Flash – Drag & Drop

Langkah 02
Nah, tinggal kalian posisikan saja letak penempatan file video kalian.

Belajar Sony Vegas – Tutorial Transisi Flash – Timeline

Langkah 03
Jika kalian menginputkan suatu gambar kedalam timeline, biasanya default waktu untuk tiap gambar berdurasi lima detik. Kalian bisa memendekkan atau memanjangkan durasi waktunya dengan cukup menggeser file gambar kalian pada timeline.

Langkah 04
Dengan cara yang sama, kalian masukkan file video klip atau gambar ke dua yang kalian inginkan.

Belajar Sony Vegas – Tutorial Transisi Flash – Timeline

Langkah 05
Nah, kita sekarang sudah mencapai inti tutorial ini, yaitu menabahkan Transisi pada Sony Vegas. Pada bagian Presets,  hanya sekedar contoh, pilih Transitions > Flash > Hard Flash. Kalian bebas berkreasi dengan transisi yang kalian inginkan.

Belajar Sony Vegas – Tutorial Transisi Flash – Presets

Langkah 06
Drag preset Hard Flash menuju segitiga biru kecil yang berada di posisi tengah dua buah klip video.

Belajar Sony Vegas – Tutorial Transisi Flash

Langkah 07
Setelah kalian tempatkan transisi nya akan muncul kolom Video Event FX. kalian bisa mengkostumisasi seperti apa flash nanti yang akan muncul, kalian juga bisa mengubah warna nya dengan warna yang kalian inginkan.

Belajar Sony Vegas – Tutorial Transisi Flash – Video Event FX

Pada Sony Flash, ada tiga jenis konfigurasi yang bisa kita atur sendiri, seperti sudut keluaran flash nya, dan juga pada Tint untuk mengganti warna nya. Jika sudah selesai di atur, tinggal kalian tutup saja menu Video Event FX nya,

Langkah 08
Dan akhirnya, kedua file klip video itu sudah tergabung dengan transisi flash. Transisi flash ini bisa membuat video yang kalian buat perpindahan dari video satu ke video dua. semakin halus, .

Jangan lupa baca Tutorial Sony Vegas – Memotong Video.

Ringkasan
Tutorial Transisi Flash
Judul Artikel
Tutorial Transisi Flash
Deskripsi
Kali ini kita akan belajar cara menggunakan Transisi. Sebenarnya, menggabungkan video atau gambar dengan transisi itu sangatlah mudah.
Penulis
Publish
AdeHaze
Logo
8 Comments

Mari Berkomentar, Siapa Tahu Nanti Kita Ketemu Dijalan