Belajar Sony Vegas Untuk Newbie

Yahalo, Masih semangat pagi nih, sebelum beraktifitas, AdeHaze akan memberikan sedikit tutorial untuk belajar Sony Vegas. Karena sekarang untuk edit video lebih mudah, dan pengambilan video bermodalkan kamera smartphone juga bisa jadi video yang bagus. Tentunya, kita ingin meng edit video kita agar terlihat lebih bagus kan. Nah, sekarang-sekarang ini, banyak video dengan format H.264 atau yang dikenal dengan MP4, selain bisa menghasilkan video HD. format ini juga bisa menghasilkan video yang bagus dan jernih. Sony Vegas ini memang berbayar, tapi untuk penggunaan dan fasilitasnya memang bagus. Kalian bisa membeli lisensinya atau mencoba trial period time nya.
Sebelumnya, sudah dijelaskan kan beberapa Video Editor yang bagus dan gratis di Beberapa Software Edit Video Gratis Dan Mudah. Nah untuk software Premium nya, yang paling terkenal ada tiga software dengan kemampuan editing video yang profesional. Software-softwarenya bernama Adobe Premier, Final Cut Pro. Sony Vegas sendiri menurut saya bertipe semi-pro, atau untuk kalangan menengah, karena fitur-fiturnya tidak secanggih Adobe Premier dan Final Cut Pro. Tapi, Sony Vegas ini mendukung unlimited multi track, sehingga kita dapat menyisipkan berbagai macam video dan juga suara. Pengaturannya juga lebih mudah serta memiliki cukup banyak plugin yang bisa kita manfaatkan untuk mendukung pembuatan video yang kita buat.
Langkah paling awal untuk mempelajari Editing Video Menggunakan Sony Vegas adalah sebagai berikut.
Untuk pembuatan video, hal yang paling penting dan tidak boleh kalian lupakan adalah pengaturan FPS atau Frame Per Second. Contohnya, jika kalian merekam video dengan kecepatan 30fps atau 30 gambar per detik. Nah, Video yang kalian buat juga harus memiliki input dan output yang sama. Dan juga sumber video yang kalian ambil usahakan memiliki kecepatan frame yang sama. 25 FPS umumnya dipakai untuk format PAL dalam film, dan 29,9 adalah format NTSC.
Yang Kedua, Lebar ukuran video juga merupakan hal penting yang harus kalian tentukan.
Sebagai contoh, misalnya kalian menggunakan video widescreen, sebaiknya selama prosese editing, kalian juga menggunakan ukuran widescreen saat mengedit. Tentunya, saat kalian ingin menjadikannya video atau me render, kalian juga harus menggunakan output widescreen untuk finalnya. Terkecuali video hasil rekaman dengan high resolution lalu dizoom agar sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Terlebih lagi untuk video standar DVD. Terkecuali format untuk video yang akan diupload ke youtube atau media sosial lain. Karena mereka memiliki konverter khusus sendiri.
Kualitas video yang kalian buat bebas menggunakan resolusi rendah atau resolusi tinggi, karena pada akhirnya semua gambar dan video akan dirender ulang menjadi satu file. Jika ingin menggunakan resolusi tinggi atau ingin meningkatkan kualitas video yang kalian rekam, kalian bisa melihat Tips Meningkatkan Kualitas Video.
Pada menu Sony Vegas, kalian harus bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan kalian.
Bagian yang penting dalam Sony Vegas berada dari atas ke kanan. Lalu paling kiri untuk effect dan juga transisi, ini digunakan untuk membuat video yang kalian edit memiliki efek-efek khusus.
Yang ada ditengah adalah sub effect atau juga menu pilihan, kita bisa memasukan video kesini.
Yang berada dikanan adalah preview pane
dan yang berada ditengah adalah panjang durasi suatu video.
Yang berada dibagian bawah.
Disinilah pengaturan track, track itu adalah tempat kita mengatur jalur suatu video yang kita buat. Bila kita menggunakan banyak file yang ingin kita gabung, track dapat membantu kita untuk mengaturnya sedemikian rupa. Kita dapat dengan mudah untuk mengatur suatu video dan juga audio. Track sendiri sangat mirip dengan layer yang berada di Photoshop, Track yang paling atas adalah track yang akan muncul duluan.
Disisi kanannya dan juga cukup rumit adalah isi dari tiap-tiap track.
Bagian yang ditunjukan oleh anak panah adalah bagian yang cukup penting dan biasanya dipakai selama proses editing video.
Interface Sony Vegas -AdeHaze
Interface Sony Vegas
Langkah awal untuk menggunakan Sony Vegas, kalian harus men setting pada Project Properties. Untuk menentukan resolusi atau ukuran layar serta format video. Kalian bebas menentukan format file output yang akan kalian buat, bisa berfotmat DVD, HD, atau dengan Video Full HD untuk versi 2k dan juga 4k. dan juga settingan frame yang kalian inginkan.
Bagian ini cukup penting kalian perhatikan sebelum melakukan proses editng video. Selama Proses ini, kalian harus menyelaraskan output videonya. kalian tidak perlu memperhatikan masalah format file sebgai input yang akan kalian edit, contohnya saja, jika file video dari format HD, tentunya ukuran frame rate dan resolusi layar video karena pada akhirnya, outputnya akan langsung menyelaraskan dengan video settingan kalian. Tapi, jika kalian membuat video widescreen dan video yang kalian buat beresolusi 480, tentu akan pecah saat kalian perbesar menjadi 720.
Untuk Settingan kalian bisa memilih HD 720.
Cara Untuk Memasukan Video
Drag And Drop adalah cara paling mudah untuk memasukan file yang ingin kalian buat. Kalian bisa dengan mudah men drag and drop file seperti Video, Audio, Dan Juga Auido ke kolom track atau ke menu import. setiap file bisa kalian masukan kedalam satu track atau bisa kalian pecah kedalam beberapa track yang dapat memudahkan kalian dalam mengedit video.
Membuat transition di Sony Vegas.
Transisi dibuat agar perpindahan dari satu ke video lain menjadi lebih halus untuk dilihat. Tansisi memiliki fitur untuk membuat suatu perpindahan dengan berbagai macam gerakan atau animasi. Untuk membuat transisi, kalian cukup menggabungkan dua video dan dirapatkan, setelah dirapatkan, tinggal drag and drop tansisi ke 2 video yang terhubung untuk membuat transisi. kalian juga bisa menentukan berapa detik transisi itu akan dibuat. Nantinya, video kalian akan terlihat berganti tanpa terlihat kalau ada yang terputus.
Menambah Efek Transition dengan bantuan plug-in video
Selain transisi, kalian juga bisa menambahkan berbagai macam efek seperti film jadul, blur dll. Kalian juga bisa mempertajam video dengan bantuan efek-efek khusus. Untuk membuat suatu efek pada video, kalian cukup memasukan atau mendrag and drop file efek yang ingin kalian buat ke dalam suatu video.Nah., untuk finishing, kalian tinggal Make Movie. Jadikan video file yang ingin kalian buat, tinggal kalian tentukan namanya saja.Untuk Step In Step, Tutorial Movie Studio Yang Juga Keluaran Sony, Kalian Bisa Melihat Nya Di Link Ini
http://www.adehaze.com/2015/10/tutorial-cara-ng-edit-video-menggunakan.html

Ringkasan
Belajar Sony Vegas Untuk Newbie
Judul Artikel
Belajar Sony Vegas Untuk Newbie
Deskripsi
Untuk pembuatan video, hal yang paling penting dan tidak boleh kalian lupakan adalah pengaturan FPS atau Frame Per Second. Contohnya, jika kalian merekam video dengan kecepatan 30fps atau 30 gambar per detik
Penulis
Publish
AdeHaze
Logo
7 Comments

Mari Berkomentar, Siapa Tahu Nanti Kita Ketemu Dijalan